Home / Sosial / Pengertian Kontrol Diri Untuk Menjadi Manusia Yang Baik

Pengertian Kontrol Diri Untuk Menjadi Manusia Yang Baik

Pengertian kontrol diri—menjadi pribadi yang bebas memang menyenangkan. Namun tidak selamanya kebebasan itu bisa kita terapkan dengan sebebas-bebasnya saat berinteraksi dengan orang lain.

Kebebasan kita terbatas oleh kebebasan orang lain. Kita tidak bisa leluasa berbuat negatif kepada orang lain. Ya, kebebasan manusia adalah kebebasan yang terbatas sebab kita hidup secara sosial.  Dari situ, penting bagi kita sekalian untuk belajar apa pentingnya pengertian kontrol diri agar tidak mengalami konflik saat berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan kita.

Pengertian Mengontrol Diri Untuk Bersabar
Pengertian Mengontrol Diri Untuk Bersabar

Telah banyak akibat negatif yang terjadi karena kelalaian kita dalam mengontrol diri sendiri. pertengkaran, perkelahian, saling tidak sapa, penipuan, dan banyak lagi tindakan kriminalitas yang tidak sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam agama dan masyarakat.

Setelah mengetahui apa pengertian kontrol diri akan lebih baik lagi jika kita menindaklanjutinya dengan menambah wawasan mengenai cara mengendalikan diri dan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pengertian kontrol diri adalah kemahiran seseorang yang peka saat membaca situasi diri dan juga lingkungan. Pribadi yang peka dalam membaca situasi dan kondisi di lingkungan sekitar berusaha untuk mengendalikan perkataan, pikiran, dan perilakunya. Selain itu, kontrol diri dilakukan untuk menarik perhatian orang lain, berusaha agar apa yang dilakukan sesuai dengan apa yang orang lain inginkan, berusaha membahagiakan orang lain, dan menjaga perasaannya.
  2. Kontrol diri singkatnya berhubungan dengan kapasitas seseorang dalam menahan perilaku yang sekiranya tidak pantas untuk dilakukan. Kamu mencoba mengendalikan rangsangan negatif dari dalam dir agar tidak sampai perilaku negatif kamu lakukan dengan cara melawan rangsangan tersebut baik dengan rasa sabar atau dengan kontrol logika yang mempertimbangkan kemaslatan bersama sebagai makhluk sosial.
  3. Menurut  Berk, apa pengertian kontrol diri itu?  kontrol diri adalah sikap mengendalikan  keinginan sesaat yang dirasa berlawanan dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.
  4. Messina dan messina menyatakan bahwa pengertian kontrol diri adalah tingkah laku yang tujuannya adalah untuk mengubah diri sendiri, berusaha untuk menangkal hal negatif yang dapat merusak diri, memunculkan rasa mampu pada diri sendiri dari pengaruh orang lain, bebas dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup, serta berupaya membedakan mana yang harus menggunakan pikiran dan mana yang harus diselesaikan dengan perasaan. Selain itu, pengertian kontrol diri berhubungan dengan tanggung jawab atas diri pribadi.
  5. Calhoun dan Acocella menyatakan bahwa pengertian kontrol diri adalah upaya seseorang untuk mengelola pikiran, perasaan, dan perbuatannya baik secara fisik maupun psikis untuk membentuk diri sendiri. Sedangkan, Golfried dan Merbaum menyatakan bahwa kontrol diri tidak lain adalah usaha untuk mengatur, membimbing, menyusun agar pikiran, perkataan dan tingkah laku yang mengarah kepada hal yang positif. Selain itu, ada pertimbangan kognitif yang dilakukan sebelum bertingkah untuk meningkatkan hasil dan tujuan yang ingin dicapai.

Pengertian kontrol diri di atas jika ditarik kesimpulan adalah upaya untuk mengendalikan perkataan, pikiran dan perbuatan yang mengarah kepada konsekuensi positif, meningkatkan hasil atau tujuan yang ingin dicapai, dan memberikan keselarasan sosial.

Untuk mencapai tujuan tersebut tidak mudah. Kontrol diri adalah proses belajar terus menerus yang bisa kamu usahakan dengan beberapa cara sebagai berikut, diantaranya adalah:

–       Memperbanyak referensi mengenai apa itu pengertian kontrol diri baik melalui media buku, internet, maupun media yang lain.

–       Belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah dewasa dan dirasa mahir dalam melakukan pengendalian diri.

–       Belajar dampak negatif akibat dari kelalaian dalam mengendalikan diri.

–       Berguru kepada yang lebih mampu dan selalu koreksi tingkah laku negatif yang dilakukan untuk mengurangi efek negatif dari lepas kontrol tersebut.

Pribadi yang sukses dalam mengontrol dirinya sendiri biasanya dalam masyarakat akan mendapatkan penghargaan yang lebih baik. Kamu akan dianggap dewasa dan lebih matang serta paham akan ilmu kehidupan dimana emosi, ego, dan temperamen telah dikendalikan dengan baik.

Tinggal di dalam masyarakat dengan kemampuan pengendalian diri yang kuat akan menghasilkan masyarakat yang tenang dan damai.

Demikian sedikit ulasan mengenai kontrol diri yang dapat saya jelaskan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya Amin.

About JuraganEmpang

Check Also

Pengertian Kata Anjir Dan Penjelasannya

Arti Dari Kata Anjir, Asal Usul Dan Maksudnya

Halo sobat rapgold.net bagaimana kabarnya, semoga masih selalu sehat ya, kali ini admin akan membahas …