Home / Kesehatan / Mengenal Beberapa Macam Alat Bantu Pernapasan

Mengenal Beberapa Macam Alat Bantu Pernapasan

Alat bantu Pernapasan yaitu satu alat kesehatan yang digunakan untuk membantu mempermudah, menggantikan, menyembuhkan dan juga memulihkan sistem pernapasan pada manusia. Orang diberikan pertolongan dengan alat bantu pernapasan apabila terdapat kondisi tertentu khususnya mengalami kesulitan bernapas.

 alat bantu pernapasan

Alat bantu pernapasan umumnya terdapat di rumah sakit dan klinik. Di berbagai macam ruangan terdapat alat ini yang pasti alat ini terdapat pada ruangan IGD, ruang ICU/NICU, ruang Operasi dan juga ruang rawat inap biasa. Adapun alat – alat yang berfungsi sebagai alat bantu pernapasan sebagai berikut :

Macam Alat Bantu Pernapasan

1. Alat Oksigenasi

Disebut sebgai alat oksigenasi karena alat ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen pada pasien melalui mulut atau hidung. Alat bantu pernapasan oksigen diberikan pada pasien pertama kali masuk ruang IGD dengan kondisi kritis atau menderita sesak napas. Hal ini diberikan untuk membantu sistem pernapasan tetap terjaga, sehingga otak tetap mendapatkan supply oksigen yang cukup.

2. Ventilator

Alat bantu pernapasan yang satu ini cukup vital. Fungsi alat ini yaitu untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru. Biasanya alat ini dipergunakan kepada pasien gagal napas atau pasien dengan kondisi kritis yang mengalami gangguan pernapasan berat. Ventilator juga terkadang dipasang pada bayi yang terlahir prematur dengan gangguan pernapasan akut.

3. CPAP

Merupakan singkatan dari Continuous Positive Airway Pressure. Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengatasi gangguan Sleep Apnea. Yaitu sebuah gangguan pernapasan yang terjadi ketika penderitanya tertidur. Ada dua macam penyakit Speep Apnea. Yaitu Sleep Apnea Central dan Sleep Apnea Obstruktif. Umumnya CPAP digunakan untuk mengatasi sleep apnea obstruktif.

4. Nebulizer

Mungkin sebagian dari anda sudah banyak yang mengenal alat ini. Nebulizer yaitu alat medis yang digunakan untuk mengubah obat cair menjadi uap yang kemudian dapat dengan mudah dihisap oleh sistem pernapasan masuk ke paru – paru. Hal ini dapat mempercepat pengobatan gangguan pernapasan. Contoh penggunaan alat ini yaitu pada penyakit asma.

About Whey Agustin

Check Also

perbedaan sterilisasi basah dan sterilisasi kering

Perbedaan Sterilisator Kering Dan Sterilisator Basah

Sterilisasi merupakan proses menghilangkan mikkroorganisme patogen yang menempel pada satu alat dengan menggunakan beberapa metode. …